AEK KANOPAN, LABUHANBATU UTARA – Pisah sambut  Pastor Paroki (Parokus) Santo Pius X Aek Kanopan,  RP Hiasintus Sinaga, OFM Cap kepada RP Stefanus Sitohang, OFM Cap dilangsungkan pada tanggal 13 September 2015. Acara diawali dengan perayaan Ekaristi di Gereja bersama umat utusan stasi-stasi, unit-unit  Sekolah Katolik  dari TK sampai SMA, Anak Asrama dan Pengurus CU, sejumlah 700 orang. Perayaan  dipimpin oleh Provinsial Kapusin Medan, RP. Kornelius Sipayung, OFM Cap, mewakili Uskup Agung Medan.

Dalam kotbahnya, Pastor lulusan Roma ini mengajak umat untuk memberi diri dibimbing oleh Tuhan. Menurutnya, sekarang ini banyak orang  mengira  dapat  mengatur Tuhan untuk memenuhi permohonan dan program pribadinya. Dan apabila Tuhan tidak mengabulkan permintaannya, maka akan kecewa luar biasa dan tidak mau lagi ke Gereja, apalagi memberi diri dalam pelayanan kepada Tuhan, tidak bersedia. Pastor  dosen  Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi ini berharap agar umat meninggalkan cara beriman dangkal seperti itu, karena rancangan kita berbeda dengan rencana Tuhan. Sebaliknya, kita perlu semakin berusaha mengenal Tuhan dan mendekatkan diri kepada-Nya dalam segala suka duka perjalanan hidup serta membiarkan Tuhan menggembalakan kita.

Setelah homili, dilangsungkan acara serah terima, dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan (SK)  Uskup Agung Medan oleh RP. Kornelius Sipayung, dilanjutkan laporan singkat pelaksanaan pelayanan pastor paroki lama,  lalu serah terima pastor paroki dan menandatangani berita acara.

Usai Perayaan Ekaristi di Gereja, acara dilanjutkan dengan ramah tamah berupa kata-kata sambutan, manortor  dan makan bersama umat yang dilaksanakan di Aula Asrama Santo Albertus Magnus. Dalam sambutannya, Pastor Hiasintus menyampaikan terimaksasih banyak atas doa, kerjasama dan dukungan yang diberikan oleh umat selama sembilan tahun enam bulan melayani di paroki santo  Pius X Aek Kanopan.

Pastor yang adalah Vikaris Episkopal Santo Mateus Rasul Aek Kanopan ini dan yang baru melaksanakan Tahun Haritage pada bulan Agustus lalu ke beberapa tempat ziarah rohani di Eropa,  juga meminta maaf kepada semua pihak bila ada kekurangan dan kesalahan selama pelayanan di Aek Kanopan. Beliau mengatakan bahwa apa yang dilaksanakannya selama ini adalah semata untuk kemajuan Gereja, sama sekali tidak dimaksudkan untuk melukai umat.

Sementara itu, mewakili seluruh umat, pelaksana satu Dewan Pastoral Paroki Aek Kanopan, Mangampe Tua Manalu, mengucapkan terimakasih banyak atas segala pelayanan yang diberikan di seantero Santo Pius X Aek Kanopan, dan meminta maaf atas segala kesalahan dan kekurangan yang dilakukan umat. Bapak MT, demikian pelaksanana satu ini biasa dipanggil, tidak lupa juga mengucapkan selamat bertugas di paroki kota touris Parapat kepada pastor Hiasintus. Dan kepada RP. Stefanus Sitohang, MT mengucapkan Selamat datang dan Selamat melayani di paroki Santo Pius X Aek Kanopan.

Pastor Stefanus OFM Cap sebelumnya adalah pastor paroki Tiga Binanga. Setelah melayanani selama enam tahun tiga bulan di Tanah Karo,  beliau diangkat oleh Uskup Agung Medan menjadi Pastor Paroki Santo Pius X Aek Kanopan dan menjadi Vikaris Episcopal kevikepan Santo Mateus Rasul Aek Kanopan, menggantikan pastor Hiasintus Sinaga. Serah terima jabatan Vikep dilaksanakan tanggal 20 Septemper di paroki Aek Nabara, pada perayaan pesta Lembaga Hidup Bakti untuk Kevikepan Santo Mateus Rasul Aek Kanopan.  Atas kepecayaan yang diberikan oleh Uskup, Pastor Stefanus mengucapkan terimakasih dan mohon doa dari semua pihak agar dapat melayani umat dengan baik.

Pastor Stefanus memang bukan orang baru di Paroki Aek Kanopan. Pastor yang suka menyanyi ini juga pernah menjalani masa Tahun Orientasi Pastoral (TOP) dan masa Tahun Persiapan Kaul Kekal (TPKK) selama dua tahun di Aek Kanopan. Jadi, beliau adalah ”orang baru tetapi stok lama” untuk Aek Kanopan, sehingga diyakini akan lebih  cepat akrab dalam menjalankan pelayanan di wilayah ini bersama dengan dua pastor rekan, yakni RP. Evangelis Pardede OFM Cap  dan RP. Romualdus Limbong OFM Cap.

Reported by: Dameanus S, S.Ag

Comments are closed.