SIANTARPAD Kota Siantar yang terkumpul di Dinas Pendapatan dan Aset Kota Siantar berkisar 26 item yang mana terdiri dari Pajak dan Retribusi. Dan penggapaian persenan untuk pajak sudah mencapai 80 persen dan dari Retribusi masih jauh dari harapan berkisar 60 persen.
Hal ini dikatakan Kadis Pendapatan Kota Siantar Adiaksa Purba saat ditemui awak media Selasa (1/12) menjelaskan kalau penggapaian pajak yang terdata semenjak bulan Januari hingga bulan November ini sudah mencapai 80 persen. Sementara dari Pengutipan Retribusi yang dimana salah satunya dari perparkiran masih jauh dari harapan berkisar 60 persen.
Tambahnya lagi mengenai Issu akan dikembalikannya pengelolaan parker ke Dinas Perhubungan, Adiaksa meniilai kurang komperatif, karena penggapaian target PAD yang dipihak ketigakan memang belum mencapai 100 persen, akan tetapi hal itu perlu dikaji lebih mendalam karena banyak pertimbangan yang dilakukan untuk perparkiran tersebut.
Jelasnya lagi kalau dikembalikan pengelolahan parkir ke UPT Perparkiran Dinas Perhubungan apakah penggapaian PADnya dapat mencapai 100 persen. Dan hal itu belum bisa dipertanggungjawabkan, bahkan Adiaksa menilai kalau perparkiran yang dipihak ketigakan ternyata sudah menyamai kinerja dari perparkiran yang dikelola Dishub kota Siantar, dan nyatanya bahkan sudah melebihi dari yang dikelola Dishub PAD yang disetor pihak ketiga, katanya.
Menurutnya lagi kalau dilakukan pihak ketiga atas pengelolaan parkir sangat membantu pemerintahan kota Siantar dalam penggapaian PAD yang memperansertakan masyarakat dalam pelaksanaan tatanan pemerintahan. Dan jika ada kekurangan bukan berarti pihak ketiganya harus dihentikan akan tetapi perlu dilakukan pengawasan.
“ jangan kita langsung menghentikan kerjasama dengan pihak ketiga karena penggapaiannya kurang, seharusnya yang perlu dilakukan adalah pengawasan. Dan bisa saja dilakukan dengan pemilihan pihak ketiga yang lebih kooperatif dan aktif serta profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pihak ketiga. Bukan harus menghentikan pengelolaaanya kepada pihak ketiga” kata Adiaksa. (rs)
Editor : Hendri Siadari

 

Comments are closed.