SiantarSegala bentuk kerawanan sosial masyarakat maupun memanasnya situasi politik selama proses Pilkada yang akan digelar pada Rabu 9 Desember ini, harus bisa dipetakan dan diantisipasi sejak dini dari berbagai kemungkinan yang berpotensi mengganggu jalannya Pilkada. Semua tahapan harus berjalan sebagaimana ketentuan dengan pengamanan penuh dari aparat kepolisian bersama aparat dibawah kendali operasi (BKO) nya.    

Demikian ditegaskan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Drs.Ngadino,SH,MM dalam sambutannya yang dibacakan Plh Walikota Pematangsiantar, Drs.Donver Panggabean,M.Si selaku Inspektur Upacara pada Gelar Pasukan, Pengecekan dan Arahan Personil BKO Pilkada Serentak 2015, Senin siang (7/12) di Lapangan H.Adam Malik, Pematangsiantar.   

Ditambahkan, sebagaimana amanat Presiden Ir Joko Widodo pada Rakornas Kesiapan Pilkada lalu, kepada aparat keamanan diminta untuk tidak berperan seperti pemadam kebakaran, tetapi memetakan daerah yang rawan terhadap potensi gangguan, sehingga pencegahan dini dapat dilakukan. “Jangan sampai embrio yang kecil menjadi besar atau membuat malu karena masalah kecil kita tidak mampu mengatasinya,”katanya.

Kepada personil yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus benar-benar memahami tugasnya, mencatat semua kegiatan menonjol selama proses pemungutan maupun perhitungan suara, serta mengamankan dan mengawal kotak suara dari TPS ke PPS, PPK dan seterusnya. Kepada personil yang bertugas mengamankan objek-objek vital seperti kantor KPUD, PPK dan sebagainya diminta jangan sampai lengah karena ada pengalaman pembakaran kantor KPUD.

Ditegaskan bahwa, aparat TNI/Polri harus bertindak netral dan tidak boleh memihak serta melaksanakan tugas secara profesional, disiplin dan penuh tanggungjawab. Seluruh kepala satuan wilayah (Kasatwil) penerima BKO dan para pimpinan serta perwira diminta untuk memberdayakan pasukan BKO sebagaimana mestinya dalam rangka pengamanan Pilkada dibawah koordinasi Polri. “Kita harus kompak untuk nama baik Polri,”tegas Kapoldasu dalam amanatnya.

Apel yang diawali dengan pemeriksanaan pasukan oleh Inspektur Upacara, didampingi Komandan Upacara, AKP.Isril (Kasubbag Humas Polresta Pematangsiantar) berjalan singkat ditengah teriknya matahari. Tampak hadir Kapolresta, AKBP Dodi Darjanto,MTTA beserta seluruh jajarannya beserta Komandan Sub Den 2 Brimob, Ketua DPRD Pematangsiantar Eliakim Simanjuntak SE, Danrem 022/PT diwakili Kabag Operasional Letkol.Inf.Fahmi.

Gelar pasukan ini diikuti personil dari Polda Sumatera Utara, Polresta Pematangsiantar ditambah pasukan Brimob, prajurit TNI dibawah komando Korem 022/PT, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Perhubungan.

 

Editor: Hendri Siadari

Comments are closed.