Pj Walikota: “Masyarakat Harus Segera Mendapat Informasi”

SiantarKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar, Selasa malam (8/12) pukul 23.20 WIB mengumumkan secara resmi, pelaksanaan Pilkada 2015 yang seharusnya digelar serentak, Rabu (9/12), sampai adanya keputusan berkekuatan hukum tetap dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Penundaan ini merupakan tindaklanjut surat KPU Pusat kepada kami, menyusul adanya putusan sela dari PTUN-Medan atas gugatan pasangan calon Surfenov Sirait/Parlindungan Sinaga. Kepastian penundaan ini, berita acaranya akan kami teruskan ke seluruh pasangan calon, PPK, PPS dan KPPS malam ini juga,”tegas Ketua KPU Pematangsiantar, Mangasi Tua Purba,SH di kantornya Jl.Porsea.

Pengumuman KPU ini tampak dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pematangsiantar diantaranya Kapolresta, AKBP. Dodi Darjanto,MTTA, Kajari Masril SH,M.Hum, perwakilan Dandim 0207/Simalungun dan Pimpinan DPRD, serta disaksikan puluhan wartawan yang memadati Kantor KPU sejak sore hari. Selain itu, tampak pula hadir perwakilan Tim Surfenov/Parlindungan Sinaga.  

Menyangkut keberadaan logistik, menurut Divisi Teknis KPU Batara Manurung, pihaknya akan menarik seluruh kotak suara berikut kelengkapannya secepat mungkin. Penarikan dilakukan dengan bantuan Pemko Pematangsiantar karena KPU tidak memiliki anggaran penarikan logistik.

“Kita pastikan bahwa logistik tidak akan diberikan kepada para Ketua KPPS, yang seyogiyanya mengambil logistik pada pukul 06.00 WIB dari Kantor Lurah. Saat mereka datang, kita hanya akan memberikan berita acara penundaan Pilkada untuk ditempelkan di TPS-TPS yang sudah didirikan, agar masyarakat mengetahuinya,”ujar Batara.     

Menindaklanjuti keputusan KPU tersebut, Penjabat (Pj) Walikota Pematangsiantar, Jumsadi Damanik,SH.M.Hum didampingi Sekda, Drs.Donver Panggabean,M.Si usai dari KPU, langsung mengumpulkan para Camat di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas).

Para Camat diinstruksikan agar meneruskan informasi penundaan malam itu juga kepada para Lurah agar disosialisasikan kepada masyarakat serta membantu penarikan logistik sampai ke KPU dari kelurahan-kelurahan. “Saya meminta agar malam ini juga informasi penundaan Pilkada sampai ke seluruh Lurah untuk diteruskan ke masyarakat. Karena masyarakat harus segera mendapat informasi. Soal kapan Pilkada digelar, mari sama-sama kita tunggu keputusan dari penyelenggara,”ujarnya memberi arahan.

 

Editor : Hendri Siadari

 

.   

Comments are closed.