SKPD Dilatih Aplikasi SIRUP dan SISMON TEPRA Berbasis Online

SKPD Dilatih Aplikasi SIRUP dan SISMON TEPRA Berbasis Online

SIANTAR | inforajawali.com

Sistem Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) berbasis web berfungsi sebagai sarana untuk mengumumkan rencana pengadaan ke dalam fortal pengadaan nasional, serta menjadi media bagi masyarakat luas, terutama penyedia jasa dalam mengakses informasi. Jika paket-paket pekerjaan yang tidak diumumkan di SIRUP maka proses tendernya tidak dapat dilakukan secara elektronik (E-Tendering).

Karena itulah, semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) selaku pengguna anggaran harus mengumumkan rencana umum pengadaan barang dan jasa melalui layanan elektronik di website masing-masing SKPD maupun di fortal Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Demikian ditegaskan Penjabat Walikota, Drs.Jumsadi Damanik, SH,M.Hum saat membuka Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penginputan SIRUP dan SISMON TEPRA, Kamis pagi (2/6) di Convention Hall Siantar Hotel.

Ditambahkan, sesuai dengan Peraturan Presiden No.54/2010 dan Instruksi Presiden No. 1/2015 Sistem Monitoring Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (Sismon Tepra) ini harus segera direalisasikan.

“Dengan demikian pengendalian serapan anggaran dapat lebih mudah dilakukan, terbuka dan terukur serta tepat sasaran sesuai dengan perencanaan pembangunan daerah. Juga selaras dengan salah satu Nawacita Presiden, bahwa negara harus hadir dalam kehidupan warga negaranya,”katanya.

Bimtek yang diikuti seluruh SKPD selaku pengguna anggaran ini, menurut laporan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pematangsiantar, Corry Purba SH menghadirkan narasumber: Muklis Satrio Ginanjar,S.Si selaku Koordinator Teknis SIRUP dan SISMON TEPRA Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Jakarta.

“Dengan Bimtek ini, kita berharap seluruh Admin maupun Pejabat Penghubung selaku petugas SIRUP dan penghubung SISMON TEPRA di masing-masing SKPD bisa semakin memahami tugasnya dalam mempercepat aplikasi secara online seluruh pengadaan, program kerja maupun pelaporan kegiatan berdasarkan panduan yang ada,”katanya.

Sementara itu, Muklis Satrio dalam penjelasannya mengharapkan agar seluruh tenaga Admin mengikuti kegiatan Bimtek yang berlangsung sehari penuh ini dengan serius. Para peserta juga mendapatkan pengetahuan teknis bagaimana menggunakan aplikasi yang telah dirancang oleh LKPP, dan berlaku di seluruh Indonesia.

Mulai dari aplikasi pembaruan struktur anggaran, pembaruan rencana paket pengadaan, pembaruan progres keuangan, pembaruan progres fisik hingga realisasi dijelaskan secara gamblang.

Seluruh peserta langsung dilatih untuk bisa mempraktekkan secara langsung berdasarkan aplikasi yang telah ditentukan. Hadir pada kegiatan tersebut para Staf Ahli Walikota, para Asisten Sekda dan para pimpinan SKPD.

Comments

Berikan Komentar Anda