MEDAN|REL-COK
Pangdam I/Bukit Barisan (I/BB), Mayjen TNI Lodewyk Pusung memimpin Peresmian Taman Agro Inovasi Kodam I/BB di Asrama Kiwal Kodam I/BB, Jalan Gatot Subroto Km. 7,5 Medan,  Minggu (5/6).

Dalam amanatnya Pangdam I/BB menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para undangan yang telah hadir mengikuti gerak jalan santai dalam rangka HUT Ke-66 Kodam I/BB Tahun 2016 dan peresmian Taman Agro Inovasi Kodam I/BB.

Selanjutnya Pangdam I/BB mengatakan bahwa, taman agro inovasi adalah sebuah areal yang seluas kurang lebih 7.000 m² yang sebelumnya berupa lahan tidak terurus penuh dengan kolam-kolam. Selanjutnya lahan tersebut diolah untuk dijadikan sebuah model terintegrasi antara peternakan, pertanian, pengolahan sampah serta sarana rekreasi berupa kandang-kandang beraneka binatang, kolam pancing serta permainan anak-anak.

“Tujuan pembuatan Taman Agro Inovasi ini adalah: pertama, untuk sarana pembelajaran bagi organik Kodam I/BB serta masyarakat umum lainnya dalam hal pertanian, peternakan serta pengolahan sampah. Kedua,  dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi atau wisata Taman Agro Inovasi ini bagi keluarga, pelajar maupun mahasiswa. Ketiga, dapat dikembangkan dalam kapasitas yang lebih luas dan besar untuk kegiatan bisnis yang dikenal dengan istilah agrobisnis,” papar Pangdam I/BB.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan Taman Agro Inovasi Kodam I/Bukit Barisan di dalamnya terdapat mesin pengolahan sampah, tungku pembakaran sampah, kolam pancing, kandang sapi, kandang kambing, kandang rusa, kandang ayam, contoh sawah, kandang burung, ternak belut dan contoh kebun jagung, terong, cabai, tomat, bawang merah serta mainan anak-anak. Kesemuanya bisa dibuat tidak terlepas dari partisipasi berbagai pihak, oleh karena itu selaku Pangdam I/BB maupun pribadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi semoga tuhan yang maha esa memberikan balasan yang berlipat ganda. Selanjutnya Pangdam I/BB juga mengapresiasi dan merasa bangga  kepada para anggota Kodam I/BB yang terlibat langsung dalam ide dan pembangunannya, sehingga Taman Agro Iniovasi Kodam I/BB bisa kita nikmati seperti apa yang kita rasakan saat ini.

Kemudian kepada yang diberi tanggung jawab mengelolanya  agar dapat merawat dengan baik, sehingga keberadaan taman agro inovasi ini bisa bermanfaat, tidak hanya bagi keluarga besar Kodam I/BB saja akan tetapi juga bagi masyarakat.

Untuk perlombaan pancing excutive dimenangkan, yaitu : Juara I dimenangkan oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung dengan berat ikan 5,80 kg, Juara II dimenangkan oleh Kababinminvetcaddam I/BB Kolonel Arh Wawik Dwinanto, S.Sos, M.Si dengan berat ikan 5,23 kg, Juara III dimenangkan oleh Wakapolda Sumut Brigjen Pol Drs. Adhi Prawoto, SH. Adapun final lomba pancing yang diikuti 40 orang peserta sebagai Juara I Bapak Syarif Marpaung dengan berat ikan 5,31 kg dengan hadiah 1 unit mobil Honda Brio, juara II Bapak Subur dengan berat ikan 5,23 kg dengan hadiah 1 unit sepeda motor Honda Revo, Juara III Bapak Suriyona dengan berat ikan 5,22 kg dengan hadiah 1 buah Televisi, Juara IV Wakajasdam I/BB Letkol Inf Thomson dengan berat ikan 5,16 kg dengan hadiah 1 buah Kulkas, juara V Bapak Farhan dengan berat ikan 5,12 kg dengan hadiah 1 buah Mesin Cuci dan Juara VI Bapak Chairul Harahap dengan berat ikan 5,08 kg dengan hadiah 1 unit sepeda gunung.

Hadir dalam acara tersebut Unsur FKPD Provsu, Wakapolda Sumut, Kasdam I/BB, Danrem 022/PT, Danrindam I/BB, Walikota Medan, Danlanud Soewondo Medan, Para Staf Ahli dan Staf Khusus Pangdam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalak Kodam I/BB, Para Dansat BS Wilayah Medan, Kacab BNI USU dan Ketua Persit KCK PD I/Bukit Barisan Beserta Seluruh Pengurus serta Masyarakat Wilayah Medan.

Comments are closed.