253 Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun Di Lantik

Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun bersama wakil ketua TP PKK dan Ketua TPKK Nagori yang dilantik

Simalungun | IR

Sebanyak 253 orang ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Nagori (desa) dari berbagai kecamatan di Kabupaten Simalungun dilantik oleh masing-masing ketua TP PKK Kecamatan, bertempat di Griya Hapoltakan Pamatang Raya, Jum’at 16/09/2016.

Pelantikan Ketua TP PKK tersebut dirangkaikan dengan kegiatan workshop tetang pengembangan kepribadian. Kedua kegiatan itu dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun Ny Erunita JR Saragih SH MM, wakil Ketua TPK PKK Ny Ruth Gidion Purba bersama pengurus TP PKK lainnya, Bupati Simalungun diwakili Sekda Drs Gidion Purba MSi, stafahli bupati, para pimpinan SKPD dijajaran Pemkab Simalungun, para camat, ketua TP PKK Kecamatan dan pangulu serta undangan lainnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun Ny Erunita JR Saragih dalam sambutannya mengatakan bahwa sesuai dengan Permendagri No 1 tahun 2013 dan hasil Rakernas VIII tahun 2015, sangat penting ketua TP PKK Nagori terpilih harus dilantik, sejalan dengan telah dilantiknya pangulu (kepala desa) terpilih tahun 2016 pada bulan Agustus lalu yang berjumlah 253 orang.

“Saya selaku Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun memfasilitasi pelantikan ketua TP PKK Nagori terpilih ini sekaligus, di Kabupaten Simalungun yang semestinya dilaksanakan di masing-masing kecamatan,”kata Erunita.

Erunita berharap, ketua TP PKK Nagori yang dilantik dapat melaksanakan program PKK bersama dengan mitra pemerintah, dalam hal ini pangulu. “Nagori itu adalah ujung tombak yang langsung berhubungan dengan masyarakat bahkan sampai ke keluarga, sesuai dengan program PKK yakni memberdayakan keluarga melalui Dasa Wisma, sehingga diharapkan ketua TP PKK dapat menjadi panutan dan memberikan yang terbaik ditengah-tengah masyarakat,”ujar Erunita.

Terkait dengan kegiatan Workshop, Erunita mengharapkan kepada para peserta terutama TP PKK yang baru dilantik untuk memfokuskan diri dan aktif mengikuti,menerima materi dari nara sumber, sehingga kehadiran dan keberadaan ibu-ibu sangat bermanfaat dan sangat menentukan kesiapan dan penguasaan dalam memberhasilkan gerakan PKK di nagori masing-masing.

Sementara itu Bupati Simalungun dalam sambutannya tertulisnya yang dibacakan oleh Sekda Drs Gidion Purba MSi mengatakan bahwa TP PKK nagori merupakan amanah kepada istri pangulu yang dilantik. Dimana nantinya ibu PKK diharapkan menjadi panutan dan teladan di tengah-tengah masyarakat sekaligus memberikan dukungan penuh pada setiap rencana kerja pemerintah.

Pemkab Simalungun senantiasa mendukung sepenuhnya setiap kegiatan dan program PKK yang sudah tentu bertujuannya untuk mensejahterakan masyarakat. Untuk itu diharapkan agar melaksanakan tugas dengan baik dalam melaksanakan 10 program pokok PKK sesuai dengan program kerja pada unit masing-masing, serta membina kader-kader PKK dan masyarakat yang ada di nagori agar dapat memberikan perhatian dan peran aktif dalam melaksanakan dan meningkatkan pembangunan melalui gerakan PKK untuk mewujudkan keluarga dan masyarakat yang sejahtera.

Pemerintahan nagori akan kuat dan efektif apabila didukung oleh seluruh komponen masyarakat dan mitra kerja pemerintah, baik swasta serta lembaga ataupun organisasi kemasyarakat lainnya.

Sebelumnya, Dra Mislaini Saragih selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan pelantikan dan workshop adalah untuk memperlancar pelaksanaan Program TP PKK di nagori serta meningkatkan pengetahuan dan wawasan TP PKK kabupaten, kecamatan, keelurahan dan nagori sehingga lebih memahami tugasnya dalam pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai nara sumber dalam kegaiatan workshop tersebut yaitu Femmy Indriany Dalimunthe SE Msi dari Akademi Pariwisata Medan.(hen)

Comments

Berikan Komentar Anda