6 Langkah Mudah Merawat Speaker Portable

 

Musik adalah salah satu teman setia bagi kita ketika beraktivitas. Kita pasti jadi tak mudah bosan atau lelah saat menyelesaikan rutinitas sambil mendengarkan musik. Jenis musik yang kian beragam pun bisa menjadi alternatif yang mengasyikan.

Hobi mendengarkan musik rasanya belum lengkap jika kita tak memiliki speaker portable berkualitas. Perangkat elektronik ini siap memfasilitasi hobi kita kapan pun dan di mana pun kita berada. Tinggal klik website MatahariMall.com jika ingin mencari produk speaker portable terbaru. Pilihan lengkapnya akan membuat kita leluasa memilih salah satu yang terbaik.

Setelah memiliki speaker portable, jangan lupa merawatnya dengan cermat. Agar speaker tersebut tak mudah rusak meskipun digunakan setiap hari. Lakukan 6 langkah ini untuk menjaga daya tahan speaker portable kesayangan kita:

Letakkan Speaker Portable di Tempat yang Tepat

Meletakkan speaker portable ternyata tak boleh sembarangan. Kita wajib meletakannya di tempat yang datar dan tidak lembap. Karena kelembapan udara tinggi bisa mempengaruhi komponen speaker yang rentan rusak. Kita juga wajib menjauhkan speaker dari benda-benda yang memiliki gaya elektromagnetik. Langkah pertama ini akan membuat speaker jadi awet dan kualitas suaranya tetap terjaga.

Menempatkan Speaker pada Kondisi Sejuk

Speaker portable yang diletakkan pada ruangan bertemperatur tinggi tentu bisa cepat rusak. Karena komponen-komponen bagian dalamnya tergolong rentan terganggu oleh temperatur ekstrim. Sebaiknya kita menjauhkan speaker dari ruangan yang panas atau terkena paparan sinar matahari langsung. Sehingga kinerja speaker portable semakin maksimal dan daya tahannya tergolong baik.

Menyetel Speaker dengan Batas Normal

Setiap speaker pasti punya batas volume tertinggi. Namun sebaiknya kita tidak menyetel musik hingga mencapai batas tertinggi tersebut. Usahakan menyetel speaker dalam batas suara normal. Selain lebih nyaman didengar, hal ini juga membuat komponen speaker jadi lebih awet. Karena komponen-komponen tersebut tak dipaksa bekerja berlebihan terus-menerus.

Lepaskan Kabel Speaker Saat Tak Digunakan

Ternyata kabel speaker yang terus-menerus terhubung pada stop kontak dapat mengakibatkan kerusakan. Oleh sebab itu, kita wajib melepas kabel tersebut ketika speaker sedang tak digunakan. Meskipun tampak sepele, tetapi hal ini sangat penting untuk menjaga daya tahan speaker dalam waktu lama.

Lakukan Proses Charging Sampai Penuh

Karena kita sering menggunakan speaker portable kesayangan, tak jarang kita melepaskannya dari charger saat proses charging belum maksimal. Kalau dibiarkan terus-menerus, hal ini berisiko menimbulkan kerusakan baterai speaker. Kita patut melakukan proses charging sampai batas maksimal. Alangkah lebih baik bila kita memilih speaker dengan fitur lampu indikator charging. Sehingga lampu tersebut akan mati atau berubah warna ketika proses charging mencapai batas maksimal.

Membersihkan Speaker Portable Secara Teratur

Jangan menganggap remeh kebersihan speaker portable kesayangan kita, meskipun terlihat sepele namun barang elektronik yang satu ini juga butuh perhatian khusus. Untuk itu kita harus membersihkannya secara teratur menggunakan peralatan yang tepat. Siapkan kapas atau kain lap micro fiber dan sedikit alkohol. Gunakan kapas atau kain lap micro fiber yang sudah diberi sedikit alkohol untuk mengelap seluruh bagian speaker portable. Pastikan bahwa tidak ada debu atau kotoran yang menempel pada speaker. Maka speaker portable yang selalu bersih pun akan menghasilkan kualitas suara maksimal.

Merawat speaker portable tidak sulit asalkan kita sudah tahu langkah-langkahnya. Kini kita pasti tak ragu lagi membeli speaker portable unggulan. Karena proses perawatannya mudah dan daya tahannya tinggi. Niscaya kita tak akan direpotkan oleh speaker portable yang mudah rusak bahkan mati total karena sering digunakan.