Kabid SMP Dikjar Simalungun Larang Kutipan Uang Sewa Komputer untuk UNBK

Sejauh ini dalam menyambut UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun masih memiliki data 60 Sekolah yang akan melaksanakan ujian berbasis komputer.

Hal tersebut diungkapkan kepala Bidang SMP Dikjar Simalungun Orendina Lingga SPd kepada wartawan Jumat (5/1) diruangannya. Tambahnya lagi kalau jumlah tersebut belum dapat difinalkan, karena kemungkinan ada sekolah yang akan mundur dan bisa jadi ada yang tambah.

Mengenai fasilitas komputer ada yang memiliki Komputer sendiri dan ada juga yang akan menopang dengan sekolah lain yang memiliki komputer. ” Ada yang sudah punya komputer sendiri dan ada juga yang akan menompang ksekolah lain yang memiliki komputer” kata Kabid SMP ini, sembari mengatakan kalau anggaran ujian dapat digunakan dan dianggarkan melalui dana BOS.

Saat ditanya mengenai dugaan pungli sewa uang komputer salama UNBK di SMP negeri 1 perumnas, Orendina tidak membenarkan pungutan tersebut dan melarang adanya tindakan seperti itu. ” nggak boleh itu, apa lagi dikutip dari orang tua siswa.” Ucap Orendina.

Untuk kelancaran pelaksanaan UNBK di Simalungun, Dinas Pendidikan akan menyurati pihak PLN agar tidak ada terjadi pemadaman listrik saat UNBK berlangsung.

Penulis : Reynold