Pelaku Pembunuhan Sadis Terhadap Kekasihnya Boru Haloho Berhasil Ditangkap

Hari pertama perburuan, pelaku diketahui kabur ke arah hutan yang berada di belakang rumahnya TKP tersebut, namun pelaku saat itu tidak ditemukan. Di hari kedua, pelaku diketahui berada di dalam sebuah gubuk, namun perburuan belum berhasil dikarenakan pelaku berhasil kabur ke lembah hutan di daerah tersebut.

Pada hari ke lima, diperoleh informasi dari warga sekitar perladangan pelaku, bahwa sekitar pukul 20.00 wib, pelaku muncul di jalan umum. Kemudian jalan yang diduga sebagai pelarian pelakupun ditutup. Hingga pada hari ke enam,  Jumat (11/1-2018) pukul  08.30 wib,Jasalmon Simarmata berhasil ditangkap dan langsung diamankan ke Mapolsek Purba.

Kepada petugas, Jasalmon Simarmata mengakui dan membenarkan perbuatannya. Dalam pernyataannya ia menerangkan peristiwa tersebut berawal pada hari Minggu (7/1-2018) sekira pukul 10. 00 wib, ia pergi ibadah ke Gereja GKPS Pamatang Purba dan kembali sekitar pukul 12.00 wib.

Setelah mengganti pakaian, Jasalmon pergi ke warung Sabes Lingga dan bertemu Jatton Turnip. Saat di warung, Jatton Turnip memberitahukan bahwa Istri Jasalmon ada di rumah Boru Nainggolan di Pamatang Purba. Jasalmon langsung berangkat bersama Jatton Turnip ke rumah Boru Nainggolan, di sana ia bertemu dengan istrinya Rosdelina Boru Sihaloho bersama Boru Nainggolan dan Anto Lingga serta ada 2 orang laki-laki dan perempuan di dalam kamar.

Saat itu Jatton Turnip mengajak Jasalmon Simarmata beserta empat orang yang ada di dalam rumah tersebut untuk memanggang ikan dan daging. Hingga sekitar pukul 17.00 wib, Jasalmon bersama istrinya Rosdelina Boru Sihaloho pulang ke rumahnya diantar Edy Sipayung mengendarai sepeda motor.

Sesampai di rumah, Jasalmon bertanya istrinya “Mengapa kau tidak memberitahu ke aku, kalau kau pergi kerumah Boru Nainggolan dan di hubungi dengan HP tidak diangkat”, “Begitu aja apa salah”, jawab Rosdelina. “Kalau kau pergi, permisi sama saya”, kata Jasalmon, namun istrinya mengoceh dan menjawab-jawab. Jasalmon kembali mengatakan “Untuk apa kita berumah tangga kalau tidak saling menghargai”, dijawab istrinya “Sudahlah-sudahlah”. “Kalau aku yang berbuat begitu, bagaimana perasaanmu”, tanya Jasalmon kembali, Rosdelina kembali menjawab “Udalah, ayolah keluar, bosan ngomong sama kau”. Bersamaan dengan jawaban istrinya itu, Jasalmon beranjak ke dapur mengambil sebilah parang dan menghampiri istrinya Rosdelina Boru Sihaloho yang masih duduk di lantai ruang tamu, kemudian meletakkan parang tersebut di sampingnya.

Saat istrinya hendak beranjak sambil menyandang tasnya, tiba-tiba Jasalmon langsung membacok kepala istrinya dari belakang dan disusul dengan membacok wajah, tangan serta perut istrinya secara membabi buta, hingga istrinya Rosdelina Boru Sihaloho jatuh terlentang dalam keadaan sekarat. Setelah melakukan perbuatanya, Jasalmon langsung melarikan diri melalui pintu belakang rumahnya menuju Hutan.

Namun saat ini pelaku bersama barang buktinya sebilah parang telah diamankan di Mapolsek Purba untuk dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.

Editor : Hendri Siadari