Tanah Karo | Inforajawali.com |

Ketua Komisi II DPD RI, Parlindungan Purba, SH, MM, didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Wakil Bupati, Cory Sebayang, Kasdim 0205/TK Mayor (Inf) Arjun Sidauruk, Wakapolres Karo Kompol E. Situmorang meninjau wilayah terdampak pasca erupsi Gunung Sinabung ,Minggu 25 Pebruari2018.

“Kedatangan saya ini yang kesekian kalinya, hanya untuk melihat langsung kondisi terkini dan aktifitas masyarakat terdampak. Serta ingin mendengar keluahan dari masyarakat, apa yang dibutuhkan. Agar dapat dibawa ke rapat DPD,”ujar Parlindungan di rumah dinas Bupati sebelum menuju Desa Sukatendel, Kecamatan Tiganderket untuk meninjau jembatan penghubung beberapa Kecamatan.

Usai pertemuan di rumahdinas Bupati, rombongan menuju lokasi terdampak. Setelah berada di lokasi, Ia mengatakan akan melobi pusat di Kementerian PU PR terkait jalur lahar dingin, yang sewaktu-waktu akan menerjang kembali jembatan 1 dan 2.

“Kita mengharapkan agar Kemen PUPR dapat menstandbykan 2 unit alat berat berupa beko di kedua jembatan. Tujuannya apabila lahar dingin datang, dapat segera mungkin di normalisasikan jika alat sudah ada di tempat ,”tandasnya.

Menanggapi itu, Bupati Karo mengamini dan mengatakan bahwa Pak Parlindungan juga akan menstandbykan mobil pemadam kebakaran (damkar). “Kita belum tau jumlahnya. Tapi kata Pak Parlindungan secukupnya sesuai yang dibutuhkan. Karena damkar yang ada belum cukup dan tidak memadai untuk menyiram debu vulkanik ketia erupsi. Mudah-mudahan dalam minggu ini sudah ada,”ujar Bupati.

Sebelum kembali pulang, Parlindungan Purba dan rombongan menyambangi desa Perbaji untuk melihat jembatan yang terkena lahar dingin. “Dalam waktu dekat, kita akan menyurati Kemen PU PR dan Pangdam I/BB agar nantinya dalam pembangunan jembatan baru melibatkan personil TNI. Kita belum terlambat, meskipun Pak Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpaw sudah turun duluan membagikan sembako, ke desa Payung sekitarnya. Nah ini juga harus dicontoh,”tambah Purba.

Ikut dalam kegiatan tersebut, Kalak BPBD Karo, Ir.Martin Sitepu, Kepala Bappeda, Nasib Sianturi Msi, Kadis Kesehatan Drg. Irna Sembiring, Kadis Pertanian Sarjana Purba STP,MM, Kabag Pemdes Eva Angelia Sembiring dan beberapa Camat beserta Muspika Kecamatan Tiganderket.

Penulis : Johni Sembiring

Comments are closed.