Pj Bupati Simalungun lakukan Kunker ke PT STP Tanah Jawa

Simalungun- Penjabat (Pj) Bupati Simalungun Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ir Debora DPI Hutasaoit MM, Kadis Peternakan dan Perikanan Jarinsen Saragih SPd bersama staf, Kadis Komunikasi dan Informatika diwakili Akmal H Siregar SKom MSi bersama staf melakukan kunjungan kerja ke PT Suri Tani Pemuka (STP) yang berlokasi di Nagori Muara Mulia Kecamatan Tanah Jawa, Simalungun, Selasa 16/02/2016.

Kedatangan Pj Bupati Simalungun bersama rombongan disambut oleh Kepala Unit Hatchery Tanah Jawa PT STP, E Eric Lesmana bersama Aries Whisnu Wardhana (Koordinator Personalia wilayah Simalungun) dan Irham Lubis (Personalia Unit Hatchery PT STP).

Di PT STP, Pj Bupati bersama rombongan melakukan pertemuan dengan pihak perusahaan. Dalam pertemuan tersebut Aries Whisnu Wardhana menjelaskan bahwa PT STP merupakan anak dari perusahaan PT JAPFA Group. PT STP bergerak dibidang penangkaran benih ikan nila.

Aries mengatakan bahwa dalam melaksanakan usahanya yang berada di atas lahan seluas 8 hektar, pihaknya mengutamakan merekrut tegana kerja dari daerah setempat dan dari 73 orang tenaga kerja sebanyak 80% dari Kabupaten Simalungun. Hal tersebut dilakukan pihak perusahaan untuk membantu masyarakat dalam memperoleh lapangan pekerjaan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Aries juga menjelaskan bahwa pihaknya juga membantu masyarakat untuk pembudidayaan ikan nila, dalam hal ini PT STP memberikan bantuan induk ikan nila (jantan dan betina) untuk dikembangkan menjadi benih ikan. Selanjutnya benih ikan dijual ke pihak PT STP untuk dibesarkan.
Namun dalam perjalanan usahanya, pihak PT STP pernah mengalami kekurangan air dalam pembudidayaan benin ikan. Dalam mengatasi hal itu, PT STP membangun sumur bor untuk operasional usaha. Aries berharap kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Simalungun untuk memberikan dukungan dalam mejalankan usahanya.
“Kami juga saat ini sedang membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat di Simalungun dalam mendukung operasional perusahaan yang berada di Kecamatan Pane,”katanya sembari menjelaskan bahwa di Kecamatan Pane PT JAPFA Group bergerak dibidang pembekuan daging ikan nila.

Pj Bupati Simalungun Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa Pemkab Simalungun selalu mendukung invenstor yang menanamkan modalnya di daerah ini. Oleh karena itu diharapkan PT STP, cepat atau lambat akan memberikan dampak yang postif kepada pemerintah dan masyarakat, terutama dalam peningkatan perekonomian masyarakat. “Mari sama-sama kita dukung perusahaan ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”katanya.

Dalam kesempatan itu, pihak PT STP menyerahkan sebanyak 1000 ekor induk ikan nila (500 ekor betina dan 500 ekor jantan) kepada Pemkab Simalungun di dikembangkan di Balai Benih Ikan (BBI) Rambung Merah. Bantuan tersebut secara simbolik diserahkan oleh kepala Unit Hatchery Tanah Jawa dan diterima olej PJ Bupati simalungun.

Sebelumnya, Kadis Peternakan dan Perikanan Jarinsen Saragih SPd mengatakan bahwa kedatangan Pj Bupati dan Rombongan, untuk melihat langsung proses pengolahan hatchery dilakukan oleh PT STP.

Editor : HEN