Warga Kecamatan Tapian Dolok, butuh Perbaikan Jalan Lingkungan dan Parit Pasangan

Simalungun Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Simalungun menggelar pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2017 tingkat kecamatan , yang dibuka langsung oleh penjabat (Pj) Bupati Simalungun Dr Ir Binsar Situmorang Msi MAP, di kantor Kecamatan Tapian Dolok, Selasa 16/02/2016.

Pj Bupati Simalungun dalam bimbingan dan arahannya berpesan kepada peserta Musrenbang yang terdiri dari para pangulu (kepala desa) dan lurah, LPM dan maujana se- kecamatan Tapian Dolok, supaya agenda rutin tahunan ini dijadikan data penting dengan memberi masukan yang berharga untuk pembangunan tahun depan. “Lakukan terobosan yang lebih mengutamakan pembangunan bersifat mendesak dan kebutuhan prioritas masyarakat,” pesannya.

Musrenbang yang juga dihadiri pimpinan SKPD terkait, di antaranya Bappeda diharapkan bisa mendengar langsung usulan masyarakat yang menjadi acuan pembangunan dan penggunaan APBD. “Kiranya Musrnbang ini bisa memberikan ‘out put dan out come’ sesuai kebutuhan masyarakat,” kata Binsar.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Simalungun diwakili Sulaiman Sinaga dalam sambutannya berpesan supaya usulan masyarakat dicantumkan dalam Musrenbang, sehingga Legislator bisa memperjuangkannya pada pembahasan APBD. “Dalam reses, ada kesesuaian antara usulan dengan tinjauan di lapangan,” kata politisi Partai Demokrat itu.

Kepala Bappeda, Mixnon Andreas Simamora SIP MSi mengatakan, dalam pelaksanaan Musrenbang, Pemkab Simalungun membentuk lima tim pengarah Musrenbang kecamatan yang memimpin pelaksanaan kegiatan tersebut. Musrenbang tingkat kecamatan dilaksanakan selama enam hari secara bergilir, dan hasilnya nanti sebagai bahan pembahasan tingkat kabupaten.

Sekretaris Camat Kecamatan Tapian Dolok, Muhammad Fikri Fanani Damanik mengatakan, umumnya usulan masyarakat pedesaan di wilayahnya berkaitan dengan pembangunan pisik. “Seperti jalan lingkungan, parit pasangan,” sebut Fikri.

Tampak juga hadir dalam kesempatan itu, anggota DPRD, Asisten bidang perekonomian dan pembangunan (Ekbang), Camat Tapian Dolok, Muspika, dan para pimpinan SKPD terkait.

Usai membuka Musrenbang tersebut Pj Bupati Simalungun bersama Asisten bidang Ekbang dan Ka BPMPN meninjau pelaksanaan pembangunan parit pasangan dari ADD di Nagori Pematang Dolok Kahean.

Editor : HEN