Pj Bupati: Ada Satu Daftar Kebutuhan Yang Benar-Benar Menyentuh Kepentingan Orang Banyak

Musrenbang Di Kecamatan Bandar Masilam

Simalungun Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) merupakan rangkaian penyusunan rencana program kerja dalam rangka penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun anggaran 2017, oleh karenanya para pangulu (kepala desa) sudah melihat apa yang menjadi prioritas untuk kepentingan masyarakat.
“Apakah itu infrastruktur jalan, irigari, industri, UKM maupun kesehatan dan pendidikan sektor-sektor lain yang penting termasuk pertanian dan perkebunan. Karena inilah yang menggerakkan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Simalungun khususnya masyarakat di Kecamatan Bandar Masilam,”kata Binsar.
Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Simalungu Dr Ir Binsar Situmorang Msi MAP dalam bimbingan dan arahan ketika membuka pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Kabupaten Simalungun Tahun 2017 yang dilaksanakan di Balei Nagori Bandar Masilam 1 Kecamatan Bandar Masilam, Rabu 18/02/2016.

Binsar berharap melalui kegiatan Musrenbang tersebut ada satu daftar kebutuhan yang benar-benar menyentuh kepentingan orang banyak. “Kita tidak ingin kebutuhan yang sangat penting tidak masuk dalam daftar kebutuhan. Kita ingin proses buttom up ini benar-benar dimasukkan, sehingga kebutuhan sesuai dengan kepentingan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,”tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Bisar juga menyampaikan tentang penggunaan dana desa. Dikatakan, bahwa, dana desa tidak boleh digunakan untuk pembangunan fisik perkantoran tapi gunakan untuk
kegiatan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan perekomian bagi masyarakat.
“Kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan ini tidak terlepas dari dana, baik yang bersumber dari pemerintahan pusat, provinsi maupun kabupaten. Oleh karena itu diharapkan pergunakanlah dana tersebut sesuai dengan peruntukannya untuk memajukan daerah dan masyarakat Kabupaten
Simalungun, pungkas Pj Bupati.

Disamping Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP selain sebagai Pj Bupati Simalungun, juga sebagai Kadis Tarukim di Provinsi Sumatera utara yang mengurus keciptakaryaan, seperti kegiatan pembangunan berupa jalan lingkungan, drainase. “Kalau ada di Bandar Masilam ini, bisa kita bantu. Sampaikanlah usulannya sesuai dengan kebutuhan. Apalagi kecamatan ini berbatasan dengan dua kabupaten, sudah tentu kami akan memberikan bantuan,” katanya.

Mengakhiri bimbingan dan arahannya itu, Binsar mengajak kepada peserta Musrembang yang terdiri dari para pangulu, LPM, Maujana, tokoh masyarakat dan juga dihadiri para pimpinan SKPD terkait mengajak, mari bersama-sama melaksanakan Musrembang ini dengan sebaik-baiknya sehingga semua program yang akan kita usulkan dapat menyentuh dengan kepentingan masyarakat. Mari tetap kita jaga suasana yang kondusif di daerah kita masing-masing sehingga pembanunan dapat kita laksanakan sesuai dengan apa yang kita recanakan.

Abu Sofyan Siregar, salah seorang anggota DPRD dari Daerah pemilihan dua (Bandar Masilam, Bandar Huluan, Pematang Bandar, Dolok Batu Nanggar) dalam sambutannya antara lain mengarhapkan semua usulan masyarakat agar dapat ditampung dalam Musrenbang ini, sehingga dalam pembahasan di DPRD nantinya dapat dipilih mana yang menjadi skala prioritas itu yang diutamakan.

Sebelumnya camat Bandar Masilam Muhammad Rasyid SSosI dalam sambutannya mengatakan bahwa, sebagai kecamatan terujung dari Kabupaten Simalungun yang berbatasan dengan Kabupaten Sergai dan Batu Bara mengaharapkan kepada Pemkab Simalungun untuk memberikan perhatian, terutama infrastruktur jalan dan fasilitas pendukung untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, anggota DPRD Abu Sofyan Siregar dan Ikhwanuddin LC, kepala Bappeda, kepala BPMPN, Kadis PU Bina Marga, Kadis Kesehatan, Kadis Pertanian, Kadis Perkebunan, Kadis Kominfo dan para staf dari instansi terkait.(HEN)