Pemko Pematangsiantar Apresiasi Olimpiade BPP-HKBP

Sekda: “Bukan Soal Juara Tapi Siswa Terlatih Berkompetisi”

BERITA SIANTAR | HEN

Olimpiade merupakan wadah kompetisi akademik, yang membangun daya saing peserta didik dalam rangka meningkatkan prestasi dalam bidang tertentu sekaligus mengukur kemampuan dan potensi yang ada pada dirinya. Untuk itulah, Pemerintah Kota Pematangsiantar, sangat mengapresiasi Olimpiade Matematika, Bahasa Inggris dan Jerman yang digelar Badan Penyelenggara Pendidikan Huria Kristen Batak Protestan (BPP-HKBP).

“Bukan soal juara yang menjadi tujuan, tetapi para siswa maupun mahasiswa terlatih berkompetisi serta menyalurkan bakat dan potensinya guna meningkatkan prestasi belajar di sekolah atau kampus masing-masing,”demikian sambutan Walikota Pematangsiantar diwakili Sekda, Drs Donver Panggabean,M.Si, pada Pembukaan Olimpiade Matematika, Pidato Bahasa Inggris dan Jerman, Senin pagi (7/3) di Aula FKIP Nommensen Jalan Sang Naualuh.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar, Drs.Resman Panjaitan telah memaparkan sejumlah prestasi yang diraih siswa di Pematangsiantar pada Ujian Nasional (UN) tahun 2015 lalu, dimana untuk tingkat SMP Pematangsiantar peringkat pertama dan tingkat SMA peringkat kedua Sumatera Utara. “Prestasi demikian harus terus kita tingkatkan dengan memacu proses pembelajaran yang lebih baih, dengan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terus meningkatkan kemampuannya,”katanya.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 410 peserta ini diikuti oleh sejumlah sekolah-sekolah yang tersebar di Sumatera Utara (Medan-Tebing Tinggi-Pematangsiantar, Simalungun, Toba Samosir, Samosir, Humbang Hasundutan, Sibolga, Tapanuli Tengah) ini dibuka Ehorus HKBP diwakili Kepala Departemen Diakonia, Pdt.Drs.Bihelman DF Sidabutar,STh,MM.

Dalam laporannya Ketua Panitia, Tumbur Silaban, SPd,MM (Kepala SMA Sipoholon), menjelaskan bahwa kegiatan ini berhadiah total Rp62 juta ditambah tropy untuk masing-masing pemenang. Selain siswa SMP,SMA/SMK kegiatan ini juga menyertakan para mahasiswa khusus dari Lembaga Pendidikan Teologi HKBP.

Menurut Sekretaris BPP-HKBP, Dr. Tagor Pangaribuan,M.Pd kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian HKBP dalam rangka membantu pemerintah menyiapkan generasi muda yang cerdas, terbiasa berkompetisi dalam meningkatkan prestasinya bahkan akrab dengan bahasa internasional. “Namun peserta didik kita harus dibekali dengan iman sehingga pengetahuan yang diperoleh berdaya guna bagi banyak orang,”ujarnya dalam acara yang didahului dengan Ibadah yang dipimpin Pengkhotbah, Pdt. Robert Silitonga,MTh.

Tampak hadir dalam pembukaan Olimpiade tersebut Dekan FKIP Nommensen Dr.Binur Panjaitan,M.Pd beserta para dosen lainnya, para Kepala-Kepala SMA/SMK, para pendamping serta para Dewan Juri.