19-20 Maret 2016 Rakerda MUI Provsu Di Kota Parapat

Pj Bupati Simalungun Menerima Audiensi Pengurus MUI Provsu MUI Provsu Akan Melaksanakan Tabligh Akbar di Kota Parapat.

BERITA SIMALUNGUN | HEN

Penjabat (Pj) Bupati SImalungun Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP didampingi Anggota DPRD H Sulaiman Sinaga, Asisten Admiminstrasi dan Umum Drs Jhon Suka Jaya Purba, Kadis Perikanan dan Peternakan Jarinsen Saragih SPd, Plt Kepala Bandan Penanggulangan Bencana Daerah Ir Ramadhani Purba, Plt Kadis Perkebunan Ir Banua Pane, menerima audiensi pengurus Majelia Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Senin sare 14/03/2016 di Rumah Dinas, Rambung Merah Kecamatan Siantar.

Pengurus MUI Provsu yang melakukan audiensi dengan Pj Bupati Simalungun adalah hasil Musyawarah daerah (Musda) VIII tahun 2015, antara lain terdiri dari Dr H Abdul Hamid Ritonga (Wakil Ketua), Dr Ardiansyah (Sekretaris Umum), Sahira Zandi MA (wakil Sekretaris Umum) dan Dr Akmaluddin (Wakil Sekretaris Umum). Mereka juga didampingi oleh pengurus MUI Kabupaten Simalungun dan pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Simalungun.

Sahira Zandi MA selaku wakil Sekretaris Umum MUI Provsu dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa, audiensi dengan Pj Bupati Simalungun adalah untuk meminta dukungan atas pelaksanaan pengukuhan pengurus MUI Provsu masa khitmad 2015-2020 hasil Musda VIII tahun 2015 lalu, pelaksanaan Rapak Kerja Daerah (Rakerda) MUI yang akan diikuti sebanyak 250 orang peserta dari pengurus MUI Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara serta oraganisasi islam lainnya dan juga akan mengadakan tabligh akbar.

Menurut Sahira, pelaksanakan kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung pada 19-20 Maret mendatang di Hotel Inna Parapat. Selain itu, pihaknya juga akan mengadakan kegiatan bhakti social yaitu melaksanakan pelayanan kesehatan pengobatan gratis dan pemberian vitamin kepada masyarakat, pemberian bibit pohon dan pemeriah alat-alat kebersiahan kepada masyarakat.
“Kegiatan bahkti social dan tabligh akbar ini nantinya akan kami pusatkan di Open Stage Parapat pada tanggal 19/03/2016. Dan untuk kegiatan pelayanan kesehatan kami bekerjasama dengan pemerintah (dinas Kesehatan Provsu dan Kabupaten Simalungun), PMI dan juga dari perguruan tinggi,”ujar Sahira.

Sahira Zandi menambahkan bahwa kegiatan tabligh akbar akan diikuti sekitar 5000 orang peserta dari berbagai daerah, terutama dari masyarakat Kabupaten Simalungun dan kota Siantar di harapkan dapat hadir 3000 orang.
“Kami melaksanakan kegiatan di kota Parapat adalah untuk mengambil bagian dalam berpertisipasi bagaimana Danau Toba dapat menjadi daya tarik wisata. Dan pada 1 Muharram 1438 Hijriyah mendatang kita juga akan mengadakan komfresium islam asia di Parapat,”kata Sahira. Dalam konfesium tersebut pihaknya akan mengundang duta besar dari Qatar, Oman dan Arab Saudi.

Dalam menyambut kedatangan pengurus MUI Provsu dan rombongan, Pj Bupati Simalungun Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP menyampaikan terimakasih kepada pengurus MUI Provsu yang akan melaksanakan berbagai kegiatan di Kabupaten Simalungun yakni di Kota Parapat. Pemkab Simalungun akan berupaya memberikan dukungan demi suksesnya kegiatan yang akan dilaksanakan oleh MUI Provsu.

Binsar berharap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan nantinya dapat menjadi momen yang bermanfaat kepada masyarakat. “Kami berharap kehadiran MUI memberikan dorongan semangat kepada Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Simalungun untuk mempromosikan Danau Toba, yang merupakan salah satu dari 10 destinasi pariwisata Indonesia,”kata Binsar.

Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Simalungun H Abdul Halim Lubis LC SHI menyampaikan apresiasi kepada Pemkab SImalungun yang telah memberikan dukungan kepada MUI Provsu yang akan melaksanakan kegiatan di daerah ini.