Terkelin: PNS Karo Wajib Mengisi SPT Tahunan Pribadi!

Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH saat mengisi SPT Tahunan pribadinya di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kabanjahe, Selasa (15/03/2016). FOTO: DEO GINTINGS

TANAH KARO| DEO GINTINGS
Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH mengatakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) wajib mengisi Surat pemberitahuan (SPT) Tahunan pribadi tepat waktu.

“Karena penting dilakukan, maka selanjutnya PNS yang ada di Kabupaten Karo wajib mengisi SPT tahunan pribadi  tanpa terkecuali, karena e-Filing merupakan sarana penyampaian SPT tahunan pribadi secara online dan menjamin kerahasiaan data SPT,” ujar Terkelin saat mengisi SPT Tahunan pribadinya di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kabanjahe, Selasa (15/03/2016).

Terkelin Brahmana datang ke KPP Pratama Kabanjahe didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Drs Kamperas Terkelin Purba Msi.

Dengan melaporkan SPT tahunan pribadi lanjut Terkelin, akan memberi manfaat bagi pembangunan di lingkungan Pemkab Karo di sektor perpajakan.

“Sehingga, semakin meningkatnya kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kewajiban membayar SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi tepat waktu,” jelas Bupati Karo.

Dalam kesempatan itu Terkelin Brahmana mengisi SPT Pajak penghasilan melalui aplikasi e-Filing. E-Filing adalah sistem pelaporan SPT (Surat pemberitahuan) menggunakan sarana internet tanpa melalui pihak lain dan tanpa biaya apapun, sehingga memberikan kemudahan bagi wajib pajak dalam pembuatan dan penyerahan laporan SPT kepada DJP secara lebih mudah, praktis dan lebih cepat.

Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) menyediakan fasilitas e-Filing untuk memudahkan masyarakat melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan. Selain itu, ia juga mengatakam, sistem e-Filing secara otomatis akan mengirimkan pemberitahuan ke email Wajib Pajak. Menurutnya, simpan email bukti penerimaan elektronik tersebut sebagai bukti lapor SPT.

Kepala KPP Pratama Kabanjahe, Iskandar Zulkarnaen menyampaikan, dengan fasilitas ini, Wajib Pajak (WP) tidak perlu antri di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabanjahe atau mencari dropbox untuk menyampaikan SPT.

“Semua dengan mudah jika melaporkan SPT secara online, karena lebih praktis tidak membuang waktu, tidak perlu datang ke kantor pajak dan tidak perlu ongkos lebih untuk jasa pengiriman dan lain-lain,” Iskandar Zulkarnaen.

Zulkarnaen juga berharap, para wajib pajak dapat memanfaatkan berbagai fasilitas layanan, kemudahan dan kenyamanan yang telah diberikan pemerintah dengan baik. Apabila para wajib pajak masih merasa kurang memahami, baik mengenai aturan perpajakan maupun tata cara pelaporan SPT melalui e-Filing dapat berkonsultasi langsung di KPP Pratama Kabanjahe, Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe.

“Intinya, kami mempermudah pelayanan yang dibutuhkan para wajib pajak. Selain itu, untuk mendorong wajib pajak lebih patuh melaksanakan kewajibannya. Lapor melalui e-Filing dengan mudah, cepat dan aman,” terang Iskandar Zulkarnaen sembari menambahkan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kabanjahe sedang gencar-gencarnya menyosialisasikan pelaporan SPT Tahunan secara online kepada seluruh lapisan masyarakat.