Pameran Siswa/Siswi SMK I Berastagi, Tenun Uis Beka Buluh Palin Diminati Pengunjung

BERITA TANAH KARO | DEO GINTINGS

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo, Saroha Ginting S.Pd, MM diwakili sekeretaris dinas Drs Amrin Sinulinga secara resmi menutup acara pameran hasil karya siswa-siswi SMK Negeri I Berastagi di Sapo Savana Desa Sumbul Kecamatan Berastagi –Karo, Rabu (23-03-2016).

Acara yang berlansung selama tiga hari ini (21-23 Maret 2016) berjalan dengan sukses dan sesuai dengan harapan. Penutupan acara tersebut berlangsung dengan meriah, dihadiri oleh para siswa/siswi SMK,SMA,SMP se-Tanah Karo, dan juga turut hadir para guru-guru,tamu undangan dan masyarakat.

Sekretari Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Karo, Drs Amrin Sinulinga disela-sela acara penutupan kepada Inforajawali.com menyampaikan bahwa, Dinas Pendidikan Kab Karo sangat mengapresiasi acara pameran siswa/siswi SMK.

“Dengan pameran ini diharapkan dapat mengangkat dan melestarikan budaya Karo. Bahkan tidak tertutup kemungkinan dinas Pendidikan Nasional Kab Karo membuat Gebyar SMK se-Tanah Karo,” tutur Sinulinga.

Kepala Sekola SMK I Berastagi, Drs. Kelion Depari disela-sela acara penutupan kepada Inforajawali.com mengatakan, pameran karya siswa/siswi tersebut berjalan dengan baik, sesuai dengan harapan.

Diterangkan Depari, pengunjung yang datang melihat-lihat hasil karya para siswa berjumlah ribuan orang sejak hari pertama sampai hari terakhir. Hasil penjualan karya seni juga mencapai puluhan juta rupiah. Dan hasil karya yang paling diminati masyarakat adalah, tenun Uis Beka Buluh,Kain Batik motif Karo dan kerajinan-kerajinan tradisional lainya.

Ditambahkan Kelion Depari, maksud dan tujuan diadakanya pameran adalah, merupakan tuntutan kurikulum bagi siswa-siswi kelas III yang akan menyelesaikan pendidikannya memamerkan hasil karyanya. Agar siswa lebih professional pada kompetensi keahliannya. Jadi ajang ekbisi bagi pencinta Budaya Karo juga agar memeberikan saran dan masukan bagaimana berkarya dalam bentuk seni kerajinan.