BPSK Pematangsiantar Tuntaskan 23 Kasus Sengketa Konsumen

BERITA SIANTAR | INFO RAJAWALI

Penjabat Walikota Pematangsiantar, Drs.Jumsadi Damanik,SH,M.Hum menerima audensi Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Pematangsiantar di Rumah Dinasnya, Kamis (7/4). Kedatangan mereka, dalam rangka memberitahukan kinerja BPSK selama ini dan sejauh mana penyelesaian sengketa yang mereka tangani.

Ketua BPSK Abdul Kodir SE memberitahukan bahwa BPSK Kota Pematangsiantar telah menyelesaikan sebanyak 23 kasus dan telah mendapatkan putusan oleh Majelis Hakim. Jumlah ini menurut mereka, masih tergolong minim dibanding dengan banyaknya jumlah penduduk selaku konsumen serta pengusaha yang menjadi produsen.

Minimnya kasus yang ditangani BPSK di Pematangsiantar ditengarai karena kurangnya kepedulian dan kesadaran masyarakat untuk mempergunakan BPSK sebagai badan resmi penyelesaian ketidaknyamanan mereka sebagai pembeli atau konsumen kepada pengusaha. Ketua BPSK berharap, pada tahun 2016 ini makin banyak masyarakat yang lebih mengenal dan peduli untuk penyelesaian permasalahannya ke BPSK.

Penjabat Walikota dalam arahannya meminta kepada pengurus BPSK untuk lebih profesional dalam melaksanakan setiap pekerjaan atau pengaduan masyarakat. Hal ini dimintakan, agar tercipta kenyamanan dalam melaksanakan konsentrasi bekerja serta menata administrasi dengan rapi dan baik. “Karena itulah dasar-dasar kita untuk memulai pekerjaan agar lebih teratur dan bertanggungjawab,”katanya.

Guna mendapatkan respon publik selaku konsumen, Pj Walikota menyarankan agar BPSK membuat stiker-stiker di setiap tempat-tempat transaksi agar masyarakat tahu apa itu BPSK. Disamping itu BPSK perlu mensosialisasikan lembaganya ke media massa ataupun melalui media social, sehingga masyarakat semakin tahu apa itu BPSK serta tugasnya dalam membantu menyelesaikan keluhan masyarakat. “BPSK harus gencar melakukan sosialisasi agar semakin dikenal publik,”harapnya.

Hadir pada kesempatan audensi itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Zainal Siahaan,SE,.MM, Wakil Ketua BPSK Hefriansyah,SE.MM dan anggota BPSK lainnya.