Pj Bupati Simalungun Melakukan Kunjungan Kerja Ke Nagori Nagori Bosar Kecamatan Panombeian Panei

Binsar : Pemerintah akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BERITA SIMALUNGUN | INFO RAJAWALI

Penjabat (Pj) Bupati Simalungun Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP didampingi Asisten Bidang Ekbang Ir Debora DPI Hutasoit MSi, Kadis Kominfo Sarimuda Purba SSos MSi, Kadis Koperasi dan UKM Drs Joni Kardos Saragih bersama staf, melakukan kunjungan kerja ke Nagori Nagori Bosar Kecamatan Panombeian Panei, Senin 18/04/2016.

Di Nagori Nagori Bosar, Pj Bupati Simalungun bersama rombongan di dampingi Plt Pangulu Nagori Bosar Edi Purwanto, Pengurus Koperasi Peternak Wahana Tani, meninjau bantuan sosial (Bansos) dari kementerian Perkoperasian dan UKM RI yang meliputi pembiayaan program perkuatan permodalan koperasi perdesaan tahun 2015 dan meninjau pengelolaan biogas yang dikelola Koperasi Peternak Wanaha Tani nagori Nagori Bosar.

Dalam peninjauan itu, Ketua Koperasi Peternak Wahana Tani Nagori Nagori Bosar Iqbal didampingi Tugiran Mesdi memaparkan perkembangan koperasi yang dipimpinya. Dia mengatakan bahwa uasaha koperasi yang dipimpinya bergerak diantaranya dibidang peternakan sapi, simpan pinjam dan pengelolaan biogas yang memanfaatkan kotoran ternak sapi untuk masyarakat.

Iqbal mengatakan, dalam pengelolaan biogas ini, pihak masih membutuhkan bantuan ternak sapi untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Dimana saat ini koperasi baru memiliki 20 ekor sapi “Yang sebelumnya kami hanya memiliki 15 ekor dan dari bantuan pemerintah kami kami gunakan untuk menambah lima ekor lagi dan menambah modal koperasi untuk simpan penjam. Jadi saat ini kami memiliki 20 ekor sapi,”katanya.

“Ini masih kurang untuk pengelolaan biogas yang dibutuhkan masyarakat. Kami membutuhkan sekitar 5 ekor sapi lagi,”ujarnya Iqbal sembari menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang memberikan perhatian kepada kami untuk mengembang usaha koperasi kami

Sememtara itu, Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Simalungun Drs Joni Kardos Saragih didampingi Kabid Usaha Koperasi Rosida Sitinjak SE dan Kasi Pembiayaan Agus Sinaga SSos, mengatakan bahwa Basos dari Kemeterian Perkoperasian dan UKM RI sebesar Rp. 200 juta, meliputi pembiayaan program perkuatan permodalan koperasi perdesaan tahun 2015.

“Bantuan ini kita salurkan ke Koperasi Peternak Wahana Tani nagori Nagori Bosar Kecamatan Panombeian Pane, KUD Setia Kawan Nagori Huta Ginjang Kecamatan Hatonduhan, koperasi Sariah Sauhur nagori Parbutaran Kecamatan Bosar Maligas dan KUD Silou Kahean Nagori Bandar Maruhur dan masing-masing memperoleh Rp. 50 juta,”jelas Joni.

Menyingung kebutuhan ternak sapi anggota Koperasi Peternak Wahan Tani, Joni mengatakan bahwa pihaknya akan mengupayakan melalui pinjaman LPDB (lembaga pengelolaan dan bergulir) dari kementerian Koperasi dan UKM RI pada tahun 2016 ini. Joni berharap bantuan ini dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.

Pj Bupati Simalungun Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat kabupaten Simalungun dalam pengembangan usaha koperasi. “Gunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan usaha perkoperasian masyarakat,”ujarnya kepada pengurus koperasi.

Binsar mengatkan bahwa, Pemerintah memiliki prioritas untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat. Untuk itu perekonomian masyarakat harus tumbuh. “Kita akan terus berupaya mengembangkan semua sektor pembangunan, termasuk diantarannya bidang perkoperasian, untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat agar lebih sejahtera. Kepada intansi terkait saya harapkan untuk terus memberikan pembinaan kepada masyarakat, sehingga usaha masyarakat dapat terus berkembang,”katanya.