Pj Bupati Simalungun Motivasi Penyuluh Pertanian

BERITA SIMALUNGUN | INFO RAJAWALI

Penyuluh sebagai petugas lapangan diharapkan dapat memberikan berbagai masukan, informasi dan tekhnologi serta kemampuan yang dimiliki kepada masyarakat terutama petani dalam meningkatkan pembangunan di bidang pertanian terutama produksi pertanian.

Hal itu disampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Simalungun Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP saat melakukan pertemuan dengan para koordinator penyuluh lapangan di kantor Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (PB4K), Selasa 19/04/2016.

Dikatakan, Kabupaten Simalungun sebagai salah satu daerah lumbung pangan di Sumatera Utara diharapkan dapat terus meningkat hasil produksi pertaniannya. Oleh karena itu kepada para penyuluh diharapkan dapat menjadi mitivator bagi petani sehingga produksi pertanian semakin lebih baik.

Disamping itu, Pj Bupati mengharapkan kepada instansi terkait agar lebih meningkatkan kinerjanya dalam memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat termasuk sarana dan prasarana pendukung pertanian.

“Seperti irigasi, ini sangat penting untuk mendukung pertanian. Untuk itu kepada instasi terkait termasuk UPTD Pertanian, Perikanan dan Peternakan agar lebih memberikan perhatiannya terhadap para petani, sehingga Sumatera Utara khusunya Simalungun dalam penanganan persoalan pangan dapat lebih baik kedepan,”ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati menyampaikan, pertemuan dengan para penyuluh lapangan, disamping untuk bersilahturrahmi juga memberikan motivasi kepada para penyuluh agar melaksanakan tugas pokok dan fungsi dengan baik sesuai dengan visi dan misi BP4K yaitu Terwujudnya masyarakat tani yang sejahtera atas dasar ketahanan pangan yang berkelanjutan melalui penyuluhan prima. “Kita berharap, penyuluh dapat melihat apa yang menjadi kebutuhan petani, hal ini terkait dengan produk-produk unggulan di kecamatan,”himbaunya.

Sebelumnya dalam pertemuan itu, Kepala BP4K Ir Ruslan Sitepu mengatakan bahwa jumlah kelompok tani di Kabupaten Simalungun sekitar 4962 kelompok. Oleh karena itu jika ada bantuan menyalurkan batuan diharapkan agar berkoordinasi dengan BP4K, sehingga bantuan tersebut dapat lebih tetap sasaran.

Tampak hadir dalam pertemuan itu, Asisten Bidang Ekbang Ir Debora DPI Hutasoit MSi, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Herlina Girsang SH MSi, Kadis Kominfo Sarimuda Purba SSos MSi dan para staf dijajaran BP4K dan BKP Kabupaten Simalungun.