Wakil Walikota Serahkan SPPT-PBB-P2 Kepada Seluruh Camat

Hefriansyah: “ASN Harus Jadi Contoh Taat Bayar Pajak Kepada Masyarakat”

Info Rajawali | Pematangsiantar

Berdasarkan APBD Kota Pematangsiantar tahun 2017, pendapatan dari Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) berkontribusi sebesar 19,63% dari total target pajak daerah. Jumlah ini merupakan kedua terbesar setelah pajak penerangan lampu jalan umum. Oleh karena itulah, kontribusi pajak ini menuntut kepada kita semua selaku Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk dapat lebih memaksimalkan pengelolaan PBB-P2 di Pematangsiantar.

Capaian ini bisa diraih, jika pelayanan yang merupakan kunci utama memaksimalkan pengelolaan pajak, bisa terus ditingkatkan. “Saya menghimbau para Camat, Lurah, RW,RT untuk memaksimalkan kinerjanya dalam hal penatausahaan dan validasi piutang PBB-P2 di wilayah masing-masing,”tegas Wakil Walikota, Hefriansyah,SE,MM, Senin pagi (20/3) pada acara Penyerahan Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) dan SPPT PBB-P2 Kota Pematangsiantar Tahun 2017, yang diterima oleh seluruh Camat di Ruang Data Balai Kota.

Untuk mengajak partisipasi ASN makin taat bayar pajak, Wakil Walikota bahkan mengusulkan agar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) membuat suatu ketentuan khusus kepada seluruh ASN saat mengurus berbagai keperluan administrasi kepegawaian ke BKD. Teknisnya, ASN yang mengurus kenaikan pangkat atau gaji berkala, harus menyertakan bukti lunas PBB-P2 masing-masing. “Ini untuk menunjukkan keseriusan kita, sekaligus memberikan contoh taat pajak kepada masyarakat,”imbuhnya.

Sebelumnya, Plt.BPKAD, Ir.Adiaksa Purba dalam laporannya menjelaskan, sejak pengelolaan PBB-P2 diserahkan Kantor Pajak Pratama (KPP) ke BPKAD tahun 2013 lalu, hambatan utama yang dihadapi adalah kurangnya kesadaran masyarakat membayar PBB, masih adanya pengusaha sektor perumahan yang nakal dengan mengurangi luasan bangunan guna mengurangi nilai pajak. “Akan tetapi kami yakin bahwa dengan dukungan dan kerjasama dari segenap elemen masyarakat, PBB-P2 ini dapat dikelola dengan baik,”katanya.

Selain menjelaskan secara rinci capaian-capaian PBB-P2 pada masing-masing kecamatan, Adiaksa juga memberikan apresiasi kepada para Camat, Lurah, RW dan RT, sebagai garda terdepan suksesnya realisasi PBB-P2. Sama seperti tahun 2016 lalu, pembayar PBB-P2 terbaik tahun 2017 ini juga berkesempatan memenangkan berbagai undian, bahkan mendapatkan paket wisata ke Lombok dan Yogyakarta. “Namun undian ini tidak berlaku bagi ASN di lingkungan Pemko Pematangsiantar,”tegasnya.

Usai penandatanganan berita acara serah terima kepada seluruh Camat di Ruang Data, Wakil Walikota didampingi Plt.Sekda, Ir.Reinward Simanjuntak,MM dan pimpinan SKPD lainnya, berkenan membayar secara langsung PBB-P2 rumahnya kepada petugas di Mobil Layanan Pajak BPKAD yang sengaja telah disiapkan di halaman Ruang Data. (red)