Kecamatan Ujung Padang Gelar Deklarasi Pilpanag Damai

Para calon Pangulu photo bersama seusai menandatangani deklarasi damai

Deklarasi Damai Siap Menang Siap Kalah Calon Pangulu se Kecamatan Ujung Padang digelar

SIMALUNGUN | inforajawali.com |

Bertempat di gedung Harungguan Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun sejumlah Pangulu (Kepala Desa) melakukan deklarasi siap menang siap kalah,Jumat 13/10) sekira pukul 11.00 wib.

Sebanyak 21 orang calon Pangulu yang akan ikut bertarung pada pemilihan Pangulu (Pilpanag) yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Sabtu 21 Oktober 2017. Acara deklarasi damai yang dihadiri Camat Ujung Padang Fikry SIp,Kapolsek Bosar Maligas AKP Kesmar Purba,Danramil 07/Sml Kapten Inf Supardi yang diwakili Pelda Inf Ismail,para pangulu definitif se kec Ujung Padang,dan para Pejabat pangulu.

Camat Ujung Padang Fikry SIp selaku ketua pengawas Pilpanag menyarankan, agar setiap calon Pangulu yang akan bertarung nanti pada pemilihan pangulu,bertarung dengan sehat.Jangan ciptakan suasana yang tidak kondusif,tetapi hendaknya tetap menjaga situasi yang damai dan tertib. Kepada Pangulu yang bertarung nanti harus siap kalah wajar dan menang wajar. Bagi Pangulu yang terpilih nanti saya minta tidak perlu melakukan pesta syukuran yang berlebihan karena itu dapat menimbulkan kecemburuan bagi Pangulu yang kalah.,”tegas Fikry dihadapan puluhan Pangulu yang bertarung nanti.

Masih kata Fikry jadwal pelaksanaan pilpanag tidak berubah dari jadwal yang direncanakan pada tanggal 21 Oktober 2017. Dan mulai tanggal 14 ini akan dimulai masa kampanye bagi setia calon Pangulu. Panitia pemilihan memberikan kesempatan 4 hari untuk masa kampanye. Masa tenang nanti tidak diperbolehkan lagi melakukan kampanye.,”terang Camat yang masih muda ini.

Dijelaskan Fikry, jika menemukan kejanggalan atau kecurangan pada saat penyelenggaraan, hendaknya para calon Pangulu jangan mengganggu proses pemungutan suara, tetapi silahkan melakukan gugatan, dan itu ada aturannya. Silahkan gugat kalau ada hal hal penyimpangan dan akan kami tampung, asal ada bukti yang otentik,”.ujarnya.

Sementara itu Kapolsek Bosar Maligas AKP Kesmar Purba mengatakan, kepada Pangulu yang bertarung pada pilpanag harus bisa menjaga keamanan dan ketertiban. Sebagai calon Pangulu jangan mencalon hanya karena tergiur anggaran yang cukup besar yang akan dikelola, tetapi dia mau menjadi Pangulu karena ingin membangun desa. Dengan deklarasi damai ini saya mau semua calon Pangulu mentaati aturan yang ada, jangan coba melanggarnya. Dari pihak keamanan sudah siap untuk mengamankan pelaksanaan pilpanag ini. Tiap tiap pemungutan suara (TPS) akan di jaga anggota Polisi Polsek Bosar Maligas. Saya meminta kepada calon Pangulu yang akan bertarung harus siap kalah dan siap menang.,” kata Kapolsek AKP Kesmar Purba.

Danramil 07 Sml Kapten Inf Supardi yang diwakili Pelda Ismail mengatakan, agar pada pelaksanaan Pilpanag nanti semua calon Pangulu harus tetap bersatu. Meskipun bertarung pada Pilpanag tetapi setelah itu selesai jangan terjadi perpecahan, karena kita bersaudara.,” ujarnya.

Acara diisi dengan pembacaan deklarasi damai oleh para calon Pangulu, yang diikuti dengan penandatanganan deklarasi damai oleh masing masing calon Pangulu. Pada kesempatan itu Camat Ujung Padang Fikry SIp meminta kepada calon Pangulu untuk poto bersama.(HASUDUNGAN)