Julpan Damanik Terpilih Kembali Sebagai Pangulu Nagori Kebun Sayur

Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) serentak dilakukan Pemerintah Kabupaten Simalungun. sabtu, 21/10/2017.

Pilpanag di 31 Kecamatan yang ada di Kabupaten Simalungun serentak diselenggarahkan di Kecamatan masing masing.

Sebanyak 78 Nagori ( Desa) melaksanakan pilpanag untuk masa priode 2017 -2023.

Salah satunya nagori kebun sayur kecamatan Sidamanik yang diselenggarahkan Sucipto sebagai ketua panitia pemilihan.

Sucipto dalam laporannya, Pemilihan dimulai pukul 07.00 wib sampai selesai. Jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 594 suara dengan rincian surat suara yang coblos 504. Surat suara yang rusak 10 lembar dan surat suara yang tidak terpakai 80 lembar.

Sucipto juga menerangkan dari mulai pelaksanaan Pilpanag berjalan lancar aman dan tertib tanpa ada gangguan dari pihak manapun.

“Calon Pangulu Incumben memenangkan pertarungan dan kembali memimpin Nagori Kebun Sayur Kecamatan Sidamanik kabupaten Simalungun. Selisih suara antara Julpan Damanik dan calon lain Kasi Romauli Sinaga hanya 50 suara.,” terang Sucipto.

Sementara itu Camat Sidamanik Juliana SIP yang ditemui diruang kerjanya membenarkan kalau Calon Incumben Nagori Kebun Sayur terpilih kembali.

“Dia masih dipercaya masyarakat untuk mempin kembali Nagori Kebun Sayur untuk masa priode 2017 – 2023. ,”ujar Camat.

Dijelaskannya kembali, kalau ada 3 Nagori ( Desa) yang melaksanakan Pilpanag dikecamatan Sidamanik. Dari ketiga Nagori itu 2 Peserta calon incumben menangkan pertarungan. Ketiga Nagori yang dimaksud masing masing Nagori Kebun Sayur, Bah Biak, dan Mekar Sidamanik. Yakni Julpan Damanik dan Jangolu Damanik peserta Calon incumben, Berman Hutagaol dari Nagori Mekar Sidamanik, kalah. Saya berterima kasih kepada masyarakat karena bisa menjaga ketertiban dan keamanan saat Pilpanag berlangsung.

Ditambahkannya,” Setiap TPS ada anggota Panwas kecamatan terdiri dari 3 orang. Kemudian dari Kepolisian ada dua personel bersama anggota Koramil Sidamanik juga 2 orang..”ujarnya.

Amatan diTPS. Kemenangan Julpan Damanik diwarnai Isak tangis dan sorak sorai. Hal ini terlihat diwajah para pendukung calon Pangulu Julpan Damanik. Arak arakan juga dilakukan massa yang membawa Julpan kerumahnya menyambut kemenangan dirinya. Bersama istri langsung diupa upa orang tua dan sanak saudara dengan menaruh beras sipir ni tondi ke kepala Julpan dan istri.

“Horas horas, Horas. Selamat ya nak.,”ucap nenek yang diketahui orang tua Julpan Damanik.

Salah satu massa pendukung boru Sinaga yang dikonfirmasi kru Info Rajawali mengatakan,” Aku memilih Julpan Damanik karena salut terhadap istrinya Muliani Sitio. Ibu itu sangat baik dan bermasyarakat, meskipun suaminya baru baru ini ada masalah tapi istri nya tabah dan selalu mendukung suaminya. Jadi saya memilih pak Julpan karena melihat kebaikan istrinya yang ramah dan loyal terhadap warga disini.,”Sebutnya.

Sementara itu Muliani yang ditemui dirumahnya mengatakan kemenangan suaminya pada pemilihan Pangulu ini adalah kemenangan warga Nagori Kebun Sayur.

“Saya mengucap sukur kepada Allah karena masih dipercayakan kepada suami untuk memimpin Nagori ini. Selain itu saya juga berterimakasih kepada masyarakat yang memilih suami saya, untuk tetap melanjutkan pembangunan di Nagori Kebun Sayur.,”kata Muliani sambik meneteskan air mata.

Muliani menambahkan kalau dirinya akan tetap mendukung bapak, karena dia adalah bapak anak anak saya dan imam dikeluarga kami.,”ujar Muliani sambil menyalami tamu tamu yang mengucapkan selamat.

( Hasudungan )