Kejari Karo Blender 498,726 Gram Sabu-Sabu dan Bakar 15,366 Kg Ganja

Tanahkaro | inforajawali.com |

Kejaksaan Negeri Kabanjahe, Rabu (21/02/2018) menggelar pemusnahan barang bukti perkara tindak pidana umum yang dilaksanakan di Halaman Parkir Kantor Kejaksaan Negeri Karo, Jalan Jamin Ginting Kabanjahe Rabu 21 Pebruari 2018.

Dalam kegiatan pemusnahan barang bukti yang sudah berkekuatan hukum tetap ini, Korps Adhyaksa tersebut memusnahkan ganja seberat 15,366 kilogram dari 17 perkara, sabu seberat 498,726 gram dari 85 perkara dan uang palsu sebanyak 2 lembar pecahan Rp100 ribu, 6 lembar pecahan 18 lembar pecahan Rp50 ribu. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dan diblender.

“Kegiatan ini adalah kegiatan rutin untuk menghindari penumpukan berkas barang bukti di Kejari Karo. Baik itu perkara narkoba maupun perkara lain. Dan yang kami musnahkan ini nerupakan perkara yang berlangsung selama tahun 2017 dan ada beberapa perkara tahun 2016. Jadi perkara selama dua tahun terakhir,”ujar Kepala Kejari Kabanjahe, Gloria Sinuhaji, SH, MH saat memimpin pemusnahan.

Dia menambahkan, sepanjang tahun 2017 ini, perkara narkoba masih menduduki nomor urutan pertama yang ditangani Seksi Pidana Umum (Pidum). “Artinya, ini barang bukti yang sudah inkrah, baru kita musnahkan. Tugas jaksa mengeksekusi, kasus narkoba mengalami peningkatan. Makanya pihak kami, BNN dan Dinas terkait mulai masuk ke sekolah-sekolah, Desa-desa untuk memberikan pemahaman terkait bahayanya narkoba,”ujarnya.

Sementara Kasi Berantas BNNK Karo AKP J. Sitopu dalam kesempatannya menyampaikan kata sambutan mengatakan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di tanah air sudah sangat memprihatinkan khususnya di Tanah Karo sendiri.

“Untuk itu, BNNK Karo tak akan henti-hentinya melakukan sosialisasi pendidikan tentang bahaya narkoba dan mengharpakan partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam membantu menanggulangi bahaya penyalahgunaan narkoba,”ujarnya.

Pemusnahan barang bukti tersebut melibatkan Kepala Dinas Kesehatan Irna Sembiring, Kasi Berantas BNNK Karo AKP J. Sitopu, Kasat Narkoba Polres Karo, AKP Sopar Budiman dan Pansek PN Kabanjahe Jasmin Ginting serta perwakilan komunitas jurnalis Karo Anita Theresia Manua dari harian.

Penulis : Johni Sembiring.