Datangi ATR/BPN Sumut, KTBM Ajukan Pelepasan Tanah Eks HGU PTPN 2 Marindal I

Medan-Pada saat memperingati hari Agraria dan Tata Ruang Nasional, Jumat (24/09/2021), Kantor Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kedatangan tamu dari sejumlah masyarakat tergabung dalam Kelompok Tani Berjuang Murni (KTBM) Marindal-I.

Kedatangan rombongan KTBM yang dipimpin Tao Mindoana Br Simamora sebagai Ketua didampingi Johan Merdeka selaku Sekretaris datang untuk menyerahkan surat pengajuan pelepasan tanah eks HGU PTPN II di kawasan Marendal I seluas 87 Hektar.

Baca juga:
Melihat Perjuangan KTBM di Lahan Eks HGU PTPN II Desa Marindal I

Kepada pihak perwakilan ATR/BPN Sumut, Johan Merdeka menyebutkan kedatangan kelompok tani mewakili sebagian dari masyarakat yang sudah menduduki lahan Eks PTPN II di Desa Marindal I.

“Kami mewakili sebagian dari masyarakat Kelompok Tani Berjuang Murni menginginkan pihak BPN Sumut mendorong untuk membantu kami agar lahan eks PTPN yang berada di kawasan Marendal I dapat dimiliki oleh masyarakat yang belum memiliki sebidang tanah,” ucapnya.

Sementara Tao Mindoana br Simamora meminta pihak BPN Sumut untuk tinjau lokasi agar melihat masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Berjuang Murni sudah menduduki atau sudah bermukim di lahan tersebut.

Menanggapi permohomamn Ketua Kelompok Tani Berjuang Murni, Khalid A Handoyo mewakili beberapa Korsub kegiatan menyebutkan bahwa hal ini bukan kewenangan dari BPN Sumut semua, melainkan juga kewenangan dari Gubernur Sumatera Utara, mengingat sudah ada timnya yang dibentuk oleh Gubernur Sumut.

“Laporan kami terima dan nanti akan kami diskusikan dengan kepala bidang, karena BPN masuk dalam tim penyelesaian perkara dan pengajuannya tetap ke Gubernur Sumut,” jelasnya. (ck/erwin surbakti)